Kategori
Tak Berkategori

Harga Nikel dan Pengaruhnya ke Emiten seperti INCO, NCKL, MBMA, ANTM

Loading

Beberapa produsen memutuskan untuk menutup sementara tambang mereka, sementara yang lain mengumumkan akan mengevaluasi ulang proyeknya. Berikut rinciannya:

Wyloo Metals: mengumumkan akan menutup sementara operasi tambang nikel di Kambalda, Australia pada akhir Mei 2024 imbas rendahnya harga nikel. Pengumuman ini hanya berselang 6 bulan setelah Wyloo Metals mengakuisisi tambang tersebut senilai 760 juta dolar AS.

BHP: mengumumkan sedang mengevaluasi ulang bisnis nikelnya. Menurut laporan Reuters, sebagaimana dikutip melalui ulasan Stockbit, BHP kemungkinan perlu menunda proyek nikel senilai 1,2 miliar dolar AS di West Musgrave, Australia. BHP mengatakan bahwa mereka sedang mencari opsi untuk memitigasi dampak penurunan tajam harga nikel dan akan memberikan rincian lebih lanjut dalam laporan tengah tahun pada 20 Februari 2024.

https://investor.id/market/351804/soal-harga-nikel-dan-pengaruhnya-ke-emiten-seperti-inco-nckl-mbma-antm

Kategori
Tak Berkategori

Electrifying Agriculture, Inovasi Transisi Energi yang Berdampak Positif ke Perekonomian

Loading

Program Electrifying Agriculture (EA) dinilai sebagai inovasi nyata untuk mewujudkan transisi energi yang berkeadilan di Tanah Air. Program yang konsisten dijalankan oleh PT PLN (Persero) ini tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, melainkan juga pada perekonomian.

“Kita apresiasi inovasi ini karena telah memberikan multiplier effect yang sangat nyata sekaligus berkeadilan. Operasional petani yang tadinya hanya bergantung pada Bahan Bakar Minyak (BBM) atau solar, kini punya opsi lain yaitu listrik,” tegas Ekonom Konstitusi, Defiyan Cori.

Ia berpendapat bahwa secara bertahap energi listrik akan dihasilkan oleh pembangkit yang bersumber dari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sehingga akan lebih ramah lingkungan ketimbang BBM yang bersumber dari energi fosil.

“Dari sini kita menyadari, bahkan petani pun bisa berkontribusi langsung dalam mewujudkan transisi energi melalui program ini. Dengan hanya beralih dari menggunakan BBM menjadi menggunakan listrik,” terangnya.

Defiyan melanjutkan, penggunaan listrik pada sektor pertanian akan berdampak positif terhadap perekonomian. “Secara mikro, operasional petani akan jadi lebih hemat karena biaya listrik jelas lebih murah dari BBM. Secara makro, produktivitas pertanian bakal meningkat karena ketersediaan listrik lebih mudah diakses dan pasokannya sangat memadai,” kata dia.

https://investor.id/business/352449/electrifying-agriculture-inovasi-transisi-energi-yang-berdampak-positif-ke-perekonomian

Kategori
Kendaraan Listrik

Mobil Listrik Banjir Insentif

Loading

Harga mobil listrik baterai (battery electric vehicle/BEV) yang tadinya rata-rata di atas Rp 500 juta kini turun tajam menjadi Rp 300-400 jutaan, lebih murah dari mobil hybrid. Ini tak lepas dari masifnya insentif pajak untuk BEV demi mendongkrak penjualan.

https://investor.id/infografis/350986/mobil-listrik-banjir-insentif

Kategori
Korporasi

Cara PLN Sambut Ekonomi Karbon

Loading

PT PLN (Persero) siap berkontribusi dan memantapkan langkah-langkah strategis terkait rencana implementasi regulasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK) pada 1 April 2022. Terlebih PLN telah berkomitmen untuk mencapai net zero emissions (NZE) pada 2060 yang sejalan dengan agenda nasional.

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN Yusuf Didi Setiarto menyebutkan salah satu inisiatif dekarbonisasi oleh PLN adalah pemanfaatan instrumen NEK yakni perdagangan karbon (carbon pricing).

“Penyelenggaraan implementasi NEK merupakan salah satu pilar strategis untuk memenuhi target penurunan emisi nasional dan aspirasi NZE 2060,” katanya seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jumat (21/1/2022).

Diakuinya, masih ada beberapa tantangan dalam implementasi regulasi NEK yang saat ini dihadapi oleh PLN. Beberapa di antaranya terkait kapasitas sumber daya manusia yang masih perlu dikembangkan seputar sistem pengukuran, pelaporan dan verifikasi (Measurement, Reporting, Verification/MRV) yang belum beroperasi secara penuh; serta perencanaan implementasi nilai ekonomi karbon yang masih belum optimal.

https://investor.id/business/279357/ini-cara-pln-sambut-ekonomi-karbon

Kategori
Kendaraan Listrik

Mobil Listrik China – Dominasi Pameran Mobil Jerman IAA

Loading

Gagasan bahwa IAA adalah pameran yang hanya berfokus pada otomotif sudah tidak akurat lagi. Pada puncak pandemi COVID-19 dua tahun lalu, penyelenggara pameran mobil Jerman – Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA – merombak total konsep pameran mobil ini menjadi “platform mobilitas global “, dengan lokasi baru, yaitu di kota München.

Pameran Mobil Internasional Jerman IAA dimulai di kota Berlin pada tahun 1897, dan bertahan di sana selama 50 tahun, sebelum kemudian dipindahkan ke pusat keuangan Jerman di Frankfurt am Main. Sekarang, IAA digelar di München untuk tahun kedua berturut-turut, dengan fokus pada “mobilitas perkotaan” dan “ekosistem mobilitas”. Itu berarti, cakupannya sudah jauh lebih luas daripada hanya sekedar pameran mobil.

IAA kini menjadi ajang promosi besar-besaran bagi banyak produsen asing, terutama produsen mobil Cina yang berambisi menembus pasar mobil Jerman dan Eropa, dengan menyodorkan produk unggulan mobil listrik, motor listrik maupun sepeda listrik.

Baca artikel detiknews, “Mobil Listrik China Dominasi Pameran Mobil Jerman IAA” selengkapnya https://news.detik.com/dw/d-6914849/mobil-listrik-china-dominasi-pameran-mobil-jerman-iaa.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Kategori
Kendaraan Listrik

Tim Anargya ITS – Incar Juara Umum Kompetisi Mobil Balap Listrik di Jepang

Loading

Tim mobil balap listrik Anargya EV mark 3.0 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali berlaga di Formula Society Automotive Engineer International (FSAE) untuk pertama kali setelah pandemi COVID-19. ITS optimistis tahun ini bisa membawa juara umum atau medali emas.

FSAEJ EV 2023 sendiri akan diselenggarakan tanggal 28 Agustus-2 September 2023 di Ecopa Park, Shizuoka Prefecture, Jepang. Tim Anargya nantinya akan akan bersaing dengan beberapa negara lain, seperti Jepang, Cina, Taiwan dan lainnya.

Direktur Kemahasiswaan ITS, Imam Abadi berharap Tim Anargya bisa pulang membawa juara umum. Sebab, pada tahun 2019 ITS sudah menjadi runner up dan membawa pulang medali perak. Maka, tahun ini Tim Anargya yakin bisa naik level.

Baca artikel detikjatim, “Tim Anargya ITS Incar Juara Umum Kompetisi Mobil Balap Listrik di Jepang” selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6883688/tim-anargya-its-incar-juara-umum-kompetisi-mobil-balap-listrik-di-jepang.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Kategori
Kendaraan Listrik

Jurus Pemerintah Lawan Polusi Udara: WFH hingga Kurangi PLTU Batu Bara

Loading

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan pemerintah memberikan insentif untuk kendaraan listrik dengan jumlah yang besar. Jokowi menyebut pemberian insentif berkaca dari negara-negara lain.

Melansir detikFinance, pernyataan Jokowi itu disampaikan dalam Peringatan Hari Konstitusi dan Hari Ulang Tahun ke-78 MPR RI. Insentif mobil listrik diberikan sebesar Rp 70 juta, sementara motor listrik sebesar Rp 7 juta.

“Banyak yang menyampaikan kenapa kita memberikan insentif kepada pembeli mobil listrik yang angkanya juga kalau kita lihat sangat besar. Seingat saya kendaraan bermotor Rp 7 juta. Mobil listrik disubsidi kurang lebih Rp 70 juta,” ungkap Jokowi dalam siaran YouTube MPRGOID, Jumat (18/8/2023).

Baca artikel detiksulsel, “Jokowi Ungkap Insentif Mobil Listrik Rp 70 Juta Berkaca dari Negara Lain” selengkapnya https://www.detik.com/sulsel/bisnis/d-6883715/jokowi-ungkap-insentif-mobil-listrik-rp-70-juta-berkaca-dari-negara-lain.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Domain ini mulai dijual, silahkan lakukan penawaran pada email berikut info@indonesiabatterycorporation.com, semoga beruntung !

— Thanks

Kategori
Korporasi

Luhut Temui Elon Musk, RI Berebut Investasi Tesla dengan Malaysia

Loading

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan menemui Elon Musk pada 3 Agustus 2023. Di sisi lain, Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim telah mengadakan pembicaraan dengan Elon Musk tentang investasi di negara Asia Tenggara.

Dengan kata lain, Indonesia kini berebut investasi Tesla dengan Malaysia.

https://investor.id/international/337038/luhut-temui-elon-musk-ri-berebut-investasi-tesla-dengan-malaysia

Domain ini mulai dijual, silahkan lakukan penawaran pada email berikut info@indonesiabatterycorporation.com, semoga beruntung !

— Thanks

Kategori
Korporasi

Dukungan Nyata untuk Ekosistem Kendaraan Listrik

Loading

BNI bersama PLN menjalani kerjasama strategis guna mendukung ekosistem kendaraan listrik. Hal itu juga untuk mempercepat transisi energi di Indonesia.

Baca artikel detikfinance, “Dukungan Nyata untuk Ekosistem Kendaraan Listrik” selengkapnya https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-6188029/dukungan-nyata-untuk-ekosistem-kendaraan-listrik.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Domain ini mulai dijual, silahkan lakukan penawaran pada email berikut info@indonesiabatterycorporation.com, semoga beruntung !

— Thanks

Kategori
Kendaraan Listrik

Startup Lokal Sulap Mobil Bensin Jadi Listrik, Bus Jadi Listrik juga Bisa!

Loading

Bagi detikers yang hendak memiliki kendaraan ramah lingkungan tapi tidak memiliki budget untuk membelinya, tenang pilihan konversi mobil konvensional menjadi listrik bisa menjadi pilihannya. Sebuah perusahaan start up lokal, Spora EV, coba mewujudkannya dengan siap mengubah kendaraan konvensional apapun menjadi listrik, termasuk bus atau truk. Foto: dok. Spora EV

Baca artikel detikoto, “Startup Lokal Sulap Mobil Bensin Jadi Listrik, Bus Jadi Listrik juga Bisa!” selengkapnya https://oto.detik.com/oto-galeri/d-6194580/startup-lokal-sulap-mobil-bensin-jadi-listrik-bus-jadi-listrik-juga-bisa.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Domain ini mulai dijual, silahkan lakukan penawaran pada email berikut info@indonesiabatterycorporation.com, semoga beruntung !

— Thanks